SMAN 1 LEPAR PONGOK

Jalan Merdeka No.1 Tanjung Labu, Kec. Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan

"Supervisi Kuat Sekolah Hebat"

Apa itu Hoax dan bagaimana cara mengetahui serta mengatasinya?

Senin, 02 April 2018 ~ Oleh admin sekolah ~ Dilihat 77 Kali

Internet menjadi gudang informasi tanpa batas dengan penyebaran cepat dan cakupan luas. Masyarakat bisa mengetahui sebuah peristiwa secara real-time dan belajar tentang apa saja hanya dengan mengetik kata kunci di mesin pencari atau browser. Namun, ada konsekuensi dari banjirnya informasi, terlebih ketika semua orang bebas berperan sebagai sumber informasi. Konsekuensi itu adalah buramnya dinding pembatas antara fakta dan hoax.Akhir-akhir ini di Indonesia dari kota sampai perdesaan, berita Hoax sedang ramai diperbincangkan karena dampaknya yang begitu besar. 

Apa itu HOAX?

Hoax adalah berita palsu yang sengaja dibuat seolah-olah sebagai berita yang benar. Hoax biasanya berbentuk email peringatan, nasihat palsu, berita bohong, atau berita palsu yang biasanya diakhiri dengan imbauan agar menyebarkannya seluas-luasnya.

Menurut Wikipedia, Hoax adalah pemberitaan palsu untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu. Salah satu contoh pemberitaan palsu yang paling umum adalah mengklaim sesuatu barang atau kejadian dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang/kejadian sejatinya. Suatu pemberitaan palsu berbeda dengan misalnya pertunjukan sulap; dalam pemberitaan palsu, pendengar/penonton tidak sadar sedang dibohongi, sedangkan pada suatu pertunjukan sulap, penonton justru mengharapkan supaya ditipu.

Hoax juga diartikan sebagai sebuah kebohongan atau informasi sesat yang sengaja disamarkan agar terlihat benar . Sedangkan Berita Hoax adalah sebuah publikasi yang terlihat seperti berita faktual , namun ternyata berisi kebohongan dan fitnah. Biasanya Berita Hoax sengaja dibuat untuk menyebarkan propaganda atau pesan kebencian atas seseorang atau instansi tertentu.

Media sosial yang sangat cepat dalam menyebarkan informasi, memperparah penyebaran berita palus atau hoax ini. Akibatnya banyak masyarakat yang menelan mentah-mentah informasi yang mereka dapatkan.

 

Bagaimana Cara Mengetahui Berita Hoax

Untuk bisa membedakan sebuah berita merupakan Hoax atau tidak, memang cukup sulit. Hal ini dikarenakan publisher berita hoax membuat artikel-artikel bohong dengan sangat rapi dan teratur . Mereka sudah mengetahui selera masyarakat di Indonesia sehingga mereka semakin mahir dalam membuat berita bohong yang bisa merayu pembaca untuk mempercayainya .

Namun, sebagai pembaca yang bijaksana mesti lebih teliti untuk menilai, sehingga tidak termakan Hoax. Berikut ini tanda atau ciri yang biasanya ditemukan pada berita Hoax:

1. Tanda Panah dan Lingkaran Merah.

Membuat tanda panah dan membuat lingkaran berwarna merah pada sebuah foto ternyata ampuh membuat masyarakat penasaran . Biasanya hal ini dilakukan untuk memancing orang lain untuk membaca atau menonton sebuah video yang sebetulnya tidak ada maknanya sama sekali.

Pembuat berita berusaha menipu pembaca dengan membuat foto yang membuat penasaran, setelah pembaca tertipu dan masuk membaca artikel didalamnya, maka kalian akan tertipu lagi karena isi artikel tidak ada makna dan tidak semenarik foto juga judulnya.

2. Menggunakan Judul Berita yang Spektakuler.

Untuk membuat penasaran, biasanya berita bohong menggunakan judul yang tidak masuk diakal dan membuat penasaran. Tidak jarang mereka juga menambahkan kata-kata seperti MENCENGANGKAN, BARU TERJADI, MENAKJUBKAN, dan lain-lain.

Dengan menggunakan trik ini, pembaca akan sangat penasaran dan meningkatkan rasio klik dari artikel yang mereka share. 75 Persen berita dengan judul seperti ini tidak faktual terkadang isinya hanya sesuatu yang tidak penting dan tujuan utamanya hanya untuk memancing pengunjung agar lebih banyak yang masuk kedalam website.

3. Menggunakan Unsur Mencocok-cocokkan

4. Menggunakan Alamat Website yang Mirip dengan Media Besar

Penyebar berita bohong biasanya menggunakan alamat website yang aneh seperti 1001beritaaneh.com, beritabooming.tk. Atau meniru nama media lain, seperti kompas.co.cc, tempo.ga, newskompass.com, dan lain-lain.

5. Tidak Mencantumkan Nama Penulis Artikel

Website yang benar selalu mencantumkan nama penulisnya dan info sosial medianya atau memberikan informasi mengenai website-nya. Website berita hoax biasanya terkesan menyembunyikan informasi pemilik dan penulis websitenya.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Berita Hoax

Dengan begitu banyaknya informasi dan berita yang berseliweran di dunia maya, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dan selektif. Berikut, cara praktis menghindari berita bohong atau Hoax:

  1. Bacalah berita hanya dari sumber yang layak dipercaya dan kredibel.
  2. Baca dulu isi beritanya, baru share (bagi) ke media social (facebook, twitter, WA, dan sebagainya). Banyak orang yang hanya setelah membaca judul dan gambarnya, langsung menyebarkan berita tersebut ke media sosial tanpa mengetahui dan memahami isi berita
  3. Lihat alamat website. Bila mendapatkan informasi hoax berupa pemberitaan media, perhatikan nama media yang membuat berita sekaligus alamat situs webnya.
  4. Cek fakta. Perhatikan nara sumber yang dicantumkan dalam berita tersebut, apakah berasal dari sumber resmi atau yang memiliki kredibilitas. Pembaca juga sebaiknya dapat membedakan antara fakta dan opini. Fakta merupakan peristiwa yang terjadi dan ada bukti sedangkan opini adalah pendapat dan kesan dari penulis.
  5. Jangan menelan mentah-mentah informasi yang ditemukan di internet. Pelajari setiap informasi yang didapat dari internet, lakukan cross check dengan membaca informasi serupa dari website lain . Dengan demikian Anda akan lebih paham mana informasi yang bermanfaat dan mana yang menyesatkan.
  6. Jangan percaya mitos . Masyarakat Indonesa masih banyak yang percaya dengan mitos-mitos tidak masuk akal , orang-orang seperti ini sangat mudah percaya dengan informasi yang tidak benar namun karena banyak yang share di facebook, mereka jadi percaya juga.
  7. Jangan mudah terprovokasi.
  8. Selalu ingat, bahwa tidak semua yang dibaca di internet dan media sosial adalah benar.

Semoga bermanfaat.

Berita Pengumuman Sekilas-info

KOMENTARI TULISAN INI

...

MUZAKKIR ARSYAD

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillah, atas izin dan karunia Allah akhirnya Website resmi SMAN 1 LEPAR PONGOK dapat kita launching bersama…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah Website ini sudah memberikan informasi yang lengkap ?

LIHAT HASIL

TOTAL PENGUNJUNG

Pengunjung hari ini : 10
Total pengunjung : 3454

Hits hari ini : 13
Total hits : 5633

Pengunjung Online : 1