SD NEGERI 1 MUNTOK

Jl. Basuki Rahmat No. 209 Sungai Daeng Muntok

MANFAAT PEMBUATAN KERAJINAN TANGAN BAGI ANAK

Senin, 25 Februari 2019 ~ Oleh Nur Hafiza ~ Dilihat 360 Kali

Kali ini anak kelas 2 B SD Negeri 1 Muntok membuat kerajinan tangan Pohon Kreasi yang dibuat oleh mereka masing-masing untuk mengembangkan keterampilan. Disini sesuai dengan tujuan dan karakteristik Kurikulum 2013 untuk membuat anak lebih kreatif dan inovatif. Contohnya anak-anak dapat membuat kerajinan tangan dengan bahan yang disediakan oleh alam seperti ranting kayu. Lalu bisa ditambahkan dengan bahan yang lain agar dapat lebih menarik. 

Masa anak-anak merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan otak. Ada segudang manfaat membuat prakarya yang didapat oleh anak. Antara lain melatih keterampilan anak,mengasah motorik halus, ketelitian, kesabaran, sekaligus melatih mereka untuk tenggang rasa. Di samping itu, belajar membuat prakarya juga melatih anak mengembangkan rasa percaya diri. Mereka dapat menunjukkan hasil karya mereka kepada teman, guru, dan orangtua. Hal itu melukiskan kepercayaan diri mereka yang mulai terbentuk. Lewat hasil prakarya, guru juga dapat menilai karakter siswa. Hasil karya siswa yang cenderung tidak rapi atau kasar dan diselesaikan cepat, itu menandakan anak tidak sabar, tidak teliti, dan tidak rapi misalnya.


Adapun hasil karya siswa yang tampak rapi, tapi mengerjakannya lama. Ini artinya anak tersebut memang teliti dan sabar, hanya mungkin kurang cekatan atau sigap. Dari hasil ini, selanjutnya guru dapat memberikan pendekatan tersendiri kepada masing-masing anak. Guru juga bisa melihat jika hasil karya anak rapi dan bagus serta amat menyenangi pekerjaan seni ini, maka boleh jadi otak kanannya yang bekerja lebih dominan.

Manfaat bekerja dengan kerajinan tangan juga diakui Linda Huether-Plevyak PhD, lektor kepala di pendidikan anak usia dini di University of Cincinnati, Amerika Serikat. Prakarya merupakan salah satu kegiatan yang hands-on.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Sarmin A. Kadir Saie, S.Pd.SD

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatuh   Di era globalisasi, di zaman serba canggih, arus informasi dari berbagai belahan bumi tak terbendung…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah Website ini sudah memberikan informasi yang lengkap ?

LIHAT HASIL

TOTAL PENGUNJUNG

Pengunjung hari ini : 30
Total pengunjung : 10992

Hits hari ini : 142
Total hits : 25797

Pengunjung Online : 1